Header Ads Widget

blog pustakawan sekolah

Kabupaten Semarang Menawarkan Sejuta Pesona

            Setiap manusia pastinya merasakan penat ataupun jenuh dalam kehidupan sehari-hari, entah itu penat dalam menghadapi pekerjaan, permasalahan pribadi sampai penat ketika harus di rumah saja pada saat situasi pandemi Covid – 19 yang tidak menentu ini. Ketika seseorang sedang dilanda kejenuhan pasti mereka akan berwisata atau mengunjungi tempat-tempat yang dapat merefresh tubuh seseorang dan sejenak dapat melupakan rutinitas sehari-hari yang membuat jenuh. Indonesia dikenal dengan pariwisatanya yang menawarkan keindahan alam dan tempatnya. Banyak kota di Indonesia yang menawarkan tempat-tempat wisata untuk dikunjungi, tidak terkecuali kota Semarang. Kota Semarang yang identik dengan Tugu Muda ini terkenal dengan tempat-tempat wisata yang elok untuk dikunjungi, seperti Kota Lama, Lawang Sewu, Simpang Lima, dan lain sebagainya. Akan tetapi, ada bagian lain dari kota Semarang yang perlu traveller jelajahi ketika ingin wisata yang jauh dari hiruk pikuk suasana perkotaan, udaranya yang masih segar dan tentunya dengan budget yang murah, yaitu Kabupaten Semarang. Ada beberapa tempat wisata yang wajib traveller kunjungi ketika mengunjungi Kabupaten Semarang. Tempat-tempat ini menawarkan keindahan alamnya, tempatnya yang tidak kalah kekinian dan instagramable, bahkan sampai kulinernya. 

      Sebelum ke pembahasan pada artikel ini, tujuan penulis menulis artikel ini adalah ingin mempromosikan pariwisata di Kabupaten Semarang yang tidak bukan adalah tempat tinggal dari penulis, selain itu penulis juga ingin sekali-kali menulis di luar tema Perpustakaan, Membaca dan Pustakawan. Langsung saja ke inti pembahasan, yaitu tempat-tempat yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Kabupaten Semarang:

1. Umbul Sidomukti

        Terletak di Desa Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, sekitar sekitar 1 jam 6 menit perjalanan dari kota Semarang, Umbul Sidomukti ini menawarkan suasana yang sangat sejuk, pemandangan yang indah, dan tentunya bisa buat berswafoto mengabadikan momen kebersamaan dengan teman, pacar, ataupun keluarga yang instagramable. Di dalam perjalanan para traveller  akan disuguhkan suasana pedesaan yang asri, kanan kiri terhampar luas perkebunan yang ditanami banyak sekali tanaman. Tiket masuk yang hanya dipatok dengan harga Rp. 5000 saja, tempat ini sangat cocok bagi para traveller yang sedang ingin menghindari suasana hiruk pikuk perkotaan. Terdapat beberapa wahana yang dapat dicoba seperti flying fox, berenang di kolam renang dengan suasana alam, berkeliling naik kuda, terdapat pula warung-warung yang dapat disinggahi untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaga.

2. Taman Bunga Celosia, Ayanaz & Candi Gedongsongo

        Tidak jauh dari Umbul Sidomukti terdapat tempat yang juga tidak boleh terlewatkan yaitu Taman Bunga Celosia, Ayanaz & Candi Gedongsongo. Bagi para traveller yang hobby berswafoto dan mengunjungi tempat peninggalan sejarah di Indoneisa, tempat ini sangat cocok untuk wajib dikunjungi. Bertempat di Jl. Gedongsongo, Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang, para traveller dapat menempuh perjalanan selama 1 jam 11 menit dari kota Semarang. Taman Bunga Celosia menyuguhkan hamparan pemandangan bermacam-macam jenis bunga yang berwarna-warni dan juga icon-icon bangunan terkenal dari berbagai penjuru dunia yang menambah keindahan tempat ini ketika ingin berswafoto bersama orang yang disayangi. Tempat ini juga menyuguhkan permainan yang menyenangkan sekaligus memberi edukasi kepada sang buah hati, ada kolam renang, kegiatan memberi makan Kelinci, dan lain sebagainya. Setelah mengunjungi Taman Bunga Celosia, mari kita naik sedikit menuju Ayanaz dan Candi Gedongsongo, 2 tempat tersebut 1 komplek. Oya, perjalanan menuju kedua tempat tersebut cukup menanjak tidak disarankan jalan kaki ya, disarankan menggunakan kendaraan, hehehe. Sesampainya di tempat tersebut jangan lupa membayar tiket masuk di loket yang disediakan teman-teman, perlu dicatat terlebih dulu tiket kedua objek wisata ini berbeda ya, ketika kita masuk ke Kawasan Candi gedongsongo siapkan uang sebesar Rp. 10.000 flat dan ketika ingin memasuki Kawasan Ayanaz siapkan uang sebesar Rp. 10.000 untuk anak-anak dan Rp. 20.000 untuk dewasa. Ketika para traveller ingin mengunjungi candi-candi yang ada Candi Gedongsongo, siapkan tenaga ekstra dan bekal air minum, karena rute yang cukup Panjang dan menanjak menanti para traveller. Jika memang para traveller sudah lelah dan tidak sanggup lagi meneruskan perjalanan, para traveller bisa menggunakan alternatif menaiki Kuda, harga menaiki Kuda bisa dinegokan dengan sang pemandu tentunya ditemani pemandu agar perjalanan menaiki Kuda aman. Setelah dirasa puas berjalan Kawasan Candi Gedongsongo atau sudah jiper dulu sebelum menaiki jalanan menanjak, para traveller bisa masuk ke wahana Ayanaz untuk sekedar duduk-duduk dan menikmati spot-spot foto yang telah disediakan. 



3. Pasar Tradisional Bandungan

        Pasar ini terdapat di Kawasan pasar Bandungan, jika para traveller ingin pulang ke kota asal, dipastikan tidak lupa untuk membawa buah tangan. Di pasar tradisional ini terdapat berbagai macam sayuran, buah, makanan dan minuman tradisional, yang sangat segar dan enak untuk dinikmati ataupun dibawa pulang untuk buah tangan orang kesayangan di rumah, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau. Para traveller bisa mencicipi sate ayam, sapi, dan kelinci, tahu susu, telur puyuh goreng, wedang ronde, jagung bakar atau serut, aneka macam keripik. Tidak dikenai biaya apa-apa ketika ingin memasuki pasar ini, hanya membayar biaya parkir saja bagi traveller yang membawa kendaraan pribadi. Oya di Kawasan Bandungan ini juga terdapat Hotel yang bisa digunakan untuk menginap bersama keluarga ya. Tenang hotelnya bagus, rapi, bersih, dan aman kok.

4. Gua Maria Kereb Ambarawa

        Bagi umat Kristiani tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat ini. Tempat ini menawarkan ketenangan ketika para traveller ingin berdoa atau sekedar menenagkan diri. Walaupun begitu tempat ini tidak hanya sekedar hanya dikhusukan untuk umat Kristiani saja, akan tetapi terbuka untuk umum tanpa memandang keyakinan, yang datang hanya untuk sekedar berswafoto dan menikmati pemandangan. Tempat ini dapat ditempuh dengan waktu 55 menit saja dari kota Semarang dan dapat dijangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Para traveller tidak akan dipungut biaya apapun ketika mengunjungi tempat ini, hanya disediakan kotak persembahan bagi para traveller itupun seikhlasnya mau memberi silahkan tidak juga tidak apa-apa, kecuali kalau para traveller menikmati makanan di pujasera & membeli pernak-pernik di took yang ada di tempat ini akan dikenai biaya dari penjual, hehehe.

5. Saloka Theme Park

        Salah satu tempat wisata baru yang sanga bagus dan luas di Kabupaten Semarang. Berada di jl. Fatmawati No. 154, Gumuksari, Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Tempat wisata ini dapat ditempuh dengan waktu 1 jam 2 menit saja dari kota Semarang dengan mengguanakan kendaraan pribadi dan umum. Dulunya tempat ini adalah sebuah Kawasan kolam renang yang disulap menjadi wahana yang sangat besar dan bagus, tidak kalah dengan wahana serupa yang berada di kota lainnya. Di tempat wisata ini memang harga tiket agak mahal, para traveller perlu menyiapkan Rp. 120.000 (weekdays) dan Rp. 150.000 (weekend), akan tetapi sesuai dengan kualitas tempat ini yang menawarkan berbagai macam wahana permainan yang patut dicoba bersama keluarga. Oya, perlu diingat kalau kesana usahakan waktu pas cuacanya cerah ya, karena tempat ini berkonsep outdoor, kalau cuacana lagi mendung dan hujan kan jadi tidak bisa menikmati wahana dengan puas.

6. Dusun Semilir 

        Salah satu tempat wisata baru lainnya, selain Saloka Theme Park yang terdapat di Kabupaten Semarang. Beralamat di Jl. Soekarno Hatta No. 49, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang dan dapat ditempuh dengan waktu 56 menit saja dengan mengguhnakan kendaraan pribadi mapun umum. Harga tiketnya pun cukup terjangkau, siapkan uang Rp. 20.000 (weekdays) dan Rp. 25.000 (weekends) dengan wahana-wahana baru dan spot-spot yang instagramable bisa digunakan untuk berwafoto. Metode pembayararan ketika para traveller ingin membeli sesuatu disana dengan metode deposit, para traveller mengisi saldo deposit dulu di bagian stand yang telah disiapkan.

 

7. Cimory on The Valley

        Sebenarnya tempat ini banyak ditemui di beberapa daerah di Indonesia, tidak hanya terdapat di Kabupaten Semarang saja. Beralamat di jl. Soekarno Hatta, Km 30, Kecamatan Bergas, Kebupaten, tempat ini dapat dijangkau dengan waktu 48 menit saja dari kota Semarang dengan menggunakan kendaraan pribadi dan umum. Tempat wisanta ini mengusung konsep wisata edukasi, jadi sangat cocok dijadikan wisata keluarga dengan membawa sang buah hati ke tempat ini untuk berekrasi sekaligus belajar. Kita dapat melihat berbagai macam hewan seperti Sapi, Burung, Ikan, dan lain sebagainya. Tentu saja yang paling dicari di tempat ini adalah bisa menikmati aneka macam olahan susu Sapi yang fresh dan segar tentunya. Di tempat ini terdapat berbagi bagian di dalamnya seperti Restoran, Pusat oleh-oleh dan Pusat bermain bagi anak-anak. Untuk harga disini terbilang standard, dibilang mahal ya tidak, murah juga tidak hehehe, menurut pandangan penulis lo ya.  

Okelah kalau begitu, itu tadi adalah beberapa tempat wisata di Kabupaten Semarang yang mempunyai daya tarik yang tidak kalah dengan tempat wisata yang ada di kota lain di Indonesia. Tentunya masih banyak tempat wisata di Kabupaten Semarang yang menarik dan wajib dikunjungi bagi para traveller. Walaupun di situasi yang masih sangat memprihatinkan karena pandemi Covid – 19 yang membuat kita berfikir untuk kita berekreasi ke tempat-tempat ramai yang membuat kita juga berfikir untuk berwisata disaat situasi seperti ini. Menurut hemat penulis kalaupun sudah tidak bisa ditahan rasa penat atau jenuh karena beban pikiran seperti dalam menghadapi pekerjaan, permasalahan pribadi, dan lain sebagainya, silahkan saja untuk mengunjungi tempat-tempat wisata atau tempat yang diinginkan yang dapat membuat merefresh tubuh seseorang dan sejenak dapat melupakan rutinitas sehari-hari yang membuat jenuh, akan tetapi dengan mengikuti protocol Kesehatan seperti, selalu mencuci tangan, membawa dan memakai masker dan handsantizer, jaga jarak dengan orang-orang lain, karena dengan mematuhi protocol Kesehatan kita sendiri akan terhindar dari virus Covid – 19 dan berperan dalam penanggulangan virus Covid – 19 ini.




Post a Comment

0 Comments